On Page SEO dan Off Page SEO: Penjelasan Singkat

On Page SEO and Off Page SEO Explained

On Page SEO dan Off Page SEO: Penjelasan Singkat

Sekarang semua merujuk kepada Google untuk mencari sesuatu, entah ulasan, referensi, atau hanya sekedar fakta remeh. Pemilik bisnis melihat hal tersebut sebagai kesempatan emas dan mencoba untuk menghadirkan bisnisnya tepat ditengah-tengah hasil pencarian Google. Meskipun begitu, hal tersebut tidaklah mudah. Terutama jika Anda ingin berperingkat tinggi diantara hasil-hasil yang terpampang pada halaman pertama. Namun, memposisikan diri dalam hasil pencarian teratas memang bukan hal mustahil, yakni dengan SEO.

SEO sendiri merupakan hal-hal yang dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik organik yang berasal dari mesin pencari web (dalam hal ini Google) ke website Anda. Praktik yang dilakukan pun terbilang cukup rumit. Jika dirangkum, SEO terbagi menjadi dua jenis, yakni on page SEO dan off page SEO. Keduanya sama-sama penting untuk mengoptimalkan website. Bagi Anda yang ingin memahaminya, berikut penjelasan dasar on page SEO dan off page SEO.

On Page SEO

Pada dasarnya, semua mengenai pembuatan konten di website Anda merupakan on page SEO. Mulai dari judul konten hingga tautan yang disisipkan diantara teks-teksnya. SEO tidak akan efektif jika pembuatan konten tidak memperhatikan dasaran on page SEO, yang bukan hanya sekedar menyisipkan kata kunci dalam website Anda. Google menilai beberapa hal yang ada dalam halaman website Anda untuk dapat memberikan peringkat tinggi di hasil pencarian. Berikut beberapa faktor on page SEO yang perlu Anda perhatikan untuk dapat meningkatkan peringkat di hasil pencarian Google.

Page title. Gunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda kemudian kombinasikan hingga menjadi judul yang menarik. Pastikan judul yang Anda rangkai tidak terlalu pendek maupun panjang.

Image title. Penggunaan gambar dalam konten Anda bisa membantu SEO namun akan lebih menguntungkan jika gambar tersebut telah diberi nama menggunakan kata kunci optimisasi. Namun, perlu diingat bahwa nama gambar harus sesuai/relevan dengan gambar tersebut.

Actual content. Anda perlu membuat konten yang unik dan bermanfaat karena duplikasi konten dari website lain hanya akan membuat Google memberikan website Anda penalti. Gunakan kata kunci yang telah Anda pilih sebelumnya dan rangkaian kata kunci lain yang masih relevan. Sebarkan kata kunci di sepanjang konten, bukan hanya di satu titik saja.

Site speed. Lama waktu yang dibutuhkan website Anda untuk termuat secara menyeluruh juga menentukan peringkat di hasil pencarian Google. Website Anda perlu dapat termuat dengan cepat agar bisa berperingkat tinggi di hasil pencarian Google.

URL. Tautan konten Anda harus ramah SEO, yang berarti tautan harus terdiri dari rangkaian kata-kata dibandingkan rangkaian karakter tanpa makna. Oleh sebab itu, pilih URL seperti www.picodio.com/id/3-tips-untuk-memilih-jasa-seo-terpercaya/ dibandingkan www.picodio.com/page=8937.

3 Tips untuk Memilih Jasa SEO Terpercaya

Mobile-friendly. Fleksibilitas website untuk dapat menyesuaikan ukuran dan resolusi layar perangkat dapat mempengaruhi proses optimisasi website Anda untuk Google. Website Anda perlu menjadi website yang mobile-friendly, sehingga tampilannya dapat menyesuaikan ukuran dan resolusi layar perangkat dimana website diakses. Implementasikan responsive web design.

Social sharing. Kemudahan untuk membagikan konten harus tersedia sehingga perlu Anda cantumkan tombol share untuk berbagai platform populer seperti Facebook, WhatsApp, hingga email.

Off Page SEO

Jika on page SEO berurusan dengan apa yang ada dilayar, maka off page SEO berurusan dengan apa yang ada dibaliknya. Praktiknya terdiri dari berbagai hal seperti link building, social sharing, brand mention, dan masih banyak lagi. Meskipun sama-sama pentingnya, off page SEO sering dianggap sebagai bagian SEO yang lebih sulit dibandingkan dengan on page SEO karena implementasinya membutuhkan pemahaman teknis yang lebih mendalam.

Beberapa contoh praktiknya seperti mendaftarkan bisnis Anda dalam Google Maps dan Google My Business, menerbitkan konten bermanfaat melalui halaman Facebook, dan masih banyak lagi. Praktik-praktik seperti itulah yang akan membantu meningkatkan visibilitas website Anda dalam Google.

On page SEO dan off page SEO sama pentingnya. Keduanya saling melengkapi untuk meningkatkan peringkat website Anda dalam Google. Jika Anda ingin merasakan hasilnya pada website Anda, hubungi kami sekarang juga, jasa SEO di Surabaya berpengalaman dengan garansi uang kembali.

No Comments

Post A Comment